Gerakan 3M Plus: Cara Terbaik Berantas Demam Berdarah



Gerakan 3M Plus seperti yang terlihat dalam banner di atas merupakan kegiatan pokok dalam upaya PSN (Pemberantasan Sarang Nyamuk), dan inilah gerakan satu-satunya yang paling efektif dalam pemberantasan Penyakit DBD (Demam Berdarah Dengue).

Efektivitas Gerakan 3M Plus dalam menumpas penyakit demam berdarah bergantung pada frekwensi dan sekaligus kontinuitas (kesinambungan) gerakan tersebut dilakukan. Gerakan 3M Plus akan efektif hanya jika dilakukan secara rutin (berkesinambungan) dengan frekwensi kegiatan minimal 1 (satu) kali dalam satu minggu.

Yang dimaksud dengan Gerakan 3M Plus adalah sebagai berikut:

  • Menguras bak mandi, tempayan, atau tempat penampungan air lainnya, minimal satu kali dalam satu minggu.
  • Menutup tempat-tempat penampungan air sehingga nyamuk tidak bisa meletakkan telurnya di permukaan air dalam penampungan tersebut
  • Mengubur benda-benda yang dapat menampung air hujan, seperti kaleng-kaleng atau botol bekas, ban-ban bekas, dan lain sebagainya. Jika barang-barang tersebut masih ingin digunakan, maka penyimpanannya harus diupayakan sedemikian rupa sehingga tidak memungkinkan menjadi tempat sarang nyamuk (harus dipastikan tidak dapat menampung air di kala hujan misalnya)
  • Adapun Plus-nya dalam Gerakan 3M Plus ini adalah setiap upaya lainnya yang dapat mencegah seseorang dari gigitan nyamuk, seperti menggunakan kelambu, merawat tanaman yang dapat mengusir nyamuk, dan lain sebagainya. 

Bahkan, dalam Gerakan 3M Plus, masih termasuk dalam kategori Plusnya juga jika merawat ikan pemakan jentik di dalam tempat penampungan air, khususnya tempat penampungan air yang relatif sulit untuk dikuras tiap minggu. Selain itu, ke dalam tempat penampungan air yang relatif sulit dikuras tiap minggu tersebut, dapat pula kita menaburkan bubuk Abate agar tidak ada kesempatan bagi jentik-jentik nyamuk untuk hidup. Berapa banyak Abate ditaburkan? 10 gr tiap 100 Liter air, dan diulangi lagi tiap 45 hari. Perlu dicatat, abate hanya digunakan pada penampungan air yang tidak bisa (atau relatif sulit) untuk dikuras tiap minggu.

Gerakan 3M Plus, di banyak tempat atau wilayah dipadukan dengan kegiatan-kegiatan yang diberi nama yang bervariasi antar daerah, tetapi kebanyakan menggunakan nama Gerakan Jumat Bersih. By the way, kalau diperhatikan, banner di atas berisi "stiker" Puskesmas Rawamerta, bukan Puskesmas Cikampek. Penjelasan untuk ini bisa di baca di artikel ini: Contoh Desain Banner PHBS Sponsorship (Indikator-1)

Related Posts:

0 Response to "Gerakan 3M Plus: Cara Terbaik Berantas Demam Berdarah"

Post a Comment